Investasi

Pengertian Investasi

Adapun langkah yang bisa ditempuh untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan, maka perusahaan memerlukan investasi untuk memperlancar proses operasinya. Keputusan investasi sangat penting dengan semakin besar dan berkembangnya perusahaan. Keputusan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan akan bisa ditutup oleh penerimaan-penerimaan di masa yang akan datang. Penerimaan-penerimaan tersebut berasal dari proyeksi keuntungan yang diperoleh atas investasi yang bersangkutan. Terdapat beberapa pengertian mengenai investasi. Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (2004: 13), pengertian investasi yaitu:

Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (accrefion of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalty, dividen, dan uang sewa), untuk apresiasi nilai investasi atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi.

Sedangkan menurut Martono dan Harjito (2002: 138), pengertian investasi sebagai berikut: “Investasi merupakan penanaman dan yang dilakukan oleh suatu perusahaan ke dalam suatu aset (aktiva) dengan harapan memperoleh pendapatan di masa yang akan datang”.  Dari dua pengertian investasi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi merupakan penambahan aktiva yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan penerimaan. Sekali investasi dilakukan, perusahaan akan terikat pada jalur yang telah dipilih dan banyak mengandung resiko serta ketidakpastian.

Pentingnya Investasi :

Setiap perusahaan memerlukan investasi yang digunakan untuk dapat memperlancar operasi perusahaan. Menurut Sutrisno (2003: 139), perencanaan terhadap keputusan investasi ini sangat penting karena  beberapa hal sebagai berikut:

1.   Dana yang dikeluarkan untuk keperluan investasi sangat besar dan jumlah dana yang besar tersebut tidak bisa diperoleh kembali dalamjangka pendek atau diperoleh sekaligus.

2.   Dana yang dikeluarkan akan terikat dalam jangka panjang, sehingga perusahaan harus menunggu selama jangka waktu cukup lama untuk bisa memperoleh kembali dana tersebut.

3.   Keputusan investasi menyangkut harapan terhadap hasil keuntungan di masa yang akan datang. Kesalahan dalam mengadakan peramalan akan dapat mengakibatkan terjadinya over atau under investment, yang akhirnya akan merugikan perusahaan.

4.   Keputusan investasi berjangka panjang, sehingga kesalahan dalam pengambilan keputusan akan mempunyai akibat yang panjang dan berat, serta kesalahan dalam keputusan ini tidak dapat diperbaiki tanpa adanya kerugian yang besar.

 

Nama   : Stefanus Dominggo

NPM     : 21208537

Kelas    : 1EB24 / Non Kelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s